#kawaniaga pada tanggal 12 Desember 2022, FTA Center Jakarta telah melaksanakan kegiatan Webinar Ekspansi Pasar Ekspor India dan Korea Selatan Melalui Skema ASEAN Plus dan Kerja Sama BIlateral bagi UKM, kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu Kepala ITPC Busan Bapak Reandhy Putera dan Kepala ITPC Chennai Bapak Nugroho Priyo Pratomo. Bapak Sepri Situmeang selaku Tenaga Ahli FTA Center Jakarta Bidang Promosi dan Pemasaran bertindak sebagai moderator webinar.

Pada kegiatan ini disampaikan mengenai pasar ekspor di India dan Korea Selatan, yang mana saat ini telah memiliki perjanjian perdagangan dengan Indonesia yaitu ASEAN-India Free Trade Agree (AIFTA) dan ASEAN-Korea Free Trade Agreement (AKFTA).

Pada paparan pertama, Kepala ITPC Busan menyampaikan mengenai Potensi Produk Potensial Indonesia di Korea Selatan, yaitu produk potensial UMKM adalah makanan dan minuman (kopi), perikanan dan energi terbarukan. Kepala ITPC Busan juga menyampaikan mengenai perjanjian perdagangan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan yang tertuang dalam IKCEPA (yang akan diimplementasikan tanggal 1 Januari 2023), informasi perkembangan perdagangan, perizinan dan regulasi, strategi memasuki pasar Korea Selatan, cara melakukan promosi dan pemasaran ke Korea Selatan, labelling, hingga prosedur importasi untuk produk potensial Indonesia di Korea Selatan.

Pada paparan kedua, Kepala ITPC Chennai menyampaikan mengenai Peluang dan Tantangan Ekspor ke India. Paparan ini membahas mengenai peluang ekspor ke India, isu perdagangan Indonesia-India, karakteristik importir asal India, prosedur dan regulasi ekspor ke India, e-commerce India, serta komoditi potensial dan produk Indonesia yang telah berada di India.


Jika #kawaniaga belum dapat mengikuti webinar ini, silakan dapat mengikuti siaran ulang webinar melalui kanal Youtube FTA Center Jakarta

Ayo ekspor!
#kementerianperdagangan #kemendag #ftacenter #ftacenterjakarta #ayoekspor #webinarftacenterjakarta

FOTO-FOTO KEGIATAN


KEMBALI